SKRIPSI

Penulis / NIM
SANDI LASABUDA / 411410073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada dua variabel yang diteliti, yaitu kecerdasan emosional siswa sebagai variabel (X) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagai variabel (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 308 orang dan tersebar di 10 kelas. Adapun sampel yang digunakan sejumlah 20 orang siswa kelas X 7 TKJ, dimana pengundian sampel dilakukan secara acak pada 10 kelas. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah : (1) angket, yang digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa dan (2) tes, yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kedua instrument di atas telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji statistik. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Analisis ini dilakukan guna untuk menyelidiki hubungan antara kecerdasan emosional (X) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y), yang ditunjukan oleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,673, dan pengaruh yang cukup berarti antara kecerdasan emosional siswa (X) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y) yang ditunjukan oleh koefisien detreminan (r2) sebesar 0,4535 menunjukan 45,35 %, artinya 45,35 % kontribusi tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap kemapuan pemecahan maslah matematis siswa melalui persamaan regresi (Y )=-35,599+1,28X. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011