Penulis / NIM
RURY RD. NIAKHIRI / 411411098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Rury RD Niakhiri. 2015. Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan di Kelas VII MTs Negeri Model Limboto. Jurusan Pendidikan Matematika. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pemecahan masalah matematika merupakan kesanggupan yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan masalah matematika, seperti menyelesaikan soal yang tidak rutin dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan. Empat indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika yaitu kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesain masalah, melakukan perhitungan dan membuat simpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Model Limboto. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling, data penelitian diperoleh dari tes pemecahan masalah matematika dalam bentuk essay selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan yang dimiliki siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto paling tinggi 65%. Temuan ini menunjukan bahwa pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto rendah.
Kata kunci : matematika, pemecahan masalah, pecahan.
Download berkas