Penulis / NIM
KASMAWATI ABDULLAH / 411411127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Kasmawati Abdullah, NIM. 411411127. " Identifikasi Tingkat Berpikir Siswa Ditinjau Dari Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bangun Segiempat" ( Suatu penelitian pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2015.
Pembimbing (1) Drs. Sumarno Ismail, M. Pd. (2) Dra. Lailany Yahya, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele pada materi bangun segiempat (khususnya sifat-sifat bangun segiempat). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode tes dan (2) metode wawancara yang dilakukan pada subjek yang terpilih. Metode tes digunakan untuk mengkategorikan siswa pada tiga kriteria kemampuan yaitu kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat berpikir subjek kemampuan tinggi yaitu: berada pada tingkat berpikir pra deduksi formal ( tingkat 3 yang belum sempurna) dan tingkat berpikir pra abstraksi/ pra deduksi informal ( tingkat 2 yang belum sempurna). (2) Tingkat berpikir subjek kemampuan sedang yaitu: berada pada tingkat berpikir pra abstraksi/ pra deduksi informal ( tingkat 2 yang belum sempurnah) dan tingkat berpikir pra analisis ( tingkat 1 yang belum sempurna). (3) Tingkat berpikir subjek kemampuan rendah yaitu: berada pada tingkat berpikir pra analisis ( tingkat 1 yang belum sempurna) dan tingkat berpikir pra visulisasi (tingkat 0 yang belum sempurna).
Kata kunci: Tingkat Bepikir, Geometri, Teori
Download berkas