SKRIPSI

Penulis / NIM
NURIYATI HAMZAH / 411412116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Hamzah, Nuriyati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik pada Materi Garis dan Sudut di MTs. Muhammadiyah Kabila Kelas VII (Suatu Penelitian yang Dilaksanakan di MTs. Muhammadiyah Kabila). Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing :(1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Tematik, Garis, Sudut Garis dan sudut merupakan unsur-unsur pokok yang membangun konsep dalam geometri bidang dan geometri ruang. Dari fakta-fakta teoritis dan empiris tersebut menjadi satu patokan bahwa konsep garis dan sudut merupakan kajian yang dipelajari melalui penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan pengembangan bahan ajar tematik untuk materi geometri khususnya pada materi garis dan sudut sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk bahan ajar tematik pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP/MTs dengan bentuk cetak. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar hasil pengembangan ini memiliki tingkat keefektifan. Hal ini ditengarahi dari hasil validasi ahli materi, ahli media pembelajaran dan juga ahli desain pembelajaran yang dikategorikan baik atau layak. Demikian dari hasil uji coba perorangan perolehan persentase mencapai rata-rata 90,97% dari kriteria ditetapkan, sehingga termasuk kategori valid atau layak. Dari hasil uji kelompok kecil data tingkat capaian rata-rata 90,6% dari kriteria yang ditetapkan sehingga termasuk dalam kategori valid atau layak. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh data tingkat capaian rata-rata 92,5% sehingga pada dasarnya produk pengembangan bahan ajar berada pada kualifikasi valid atau layak. Produk ini dirancang untuk dapat membantu siswa memiliki pengetahuan penerapan matematika secara tematik, sehingga dikembangkan bahan ajar dengan proses kognitif secara sistematis. Produk bahan ajar ini dirancang sesuai dengan analisis kebutuhan, karakteristik target pengguna, serta kondisi lingkungan siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011