SKRIPSI

Penulis / NIM
FAHREZAL ZUBEDI / 411412131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Fahrezal Zubedi. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (II) Drs. Franky A. Oroh, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Discovery Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung pada pelajaran matematika khususnya pada materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 153 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model discovery learning dan VIII-B kelas yang dibelajarkan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 6 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning lebih unggul dalam mengajarkan materi sistem persamaan linier dua variabel. Kata kunci: Discovery Learning, Berpikir Kreatif matematis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011