SKRIPSI

Penulis / NIM
SARASWATI RADJAK / 411412139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
Saraswati Radjak, 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Kesebangunan di Kelas IX-D SMP Negeri 7 Kota Gorontalo:. Skripsi . Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Abdul Djabar Mohidin M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi kesebangunan di kelas IX-d SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-d SMP Negeri 7 Kota Gorontalo, yang terdiri dari 12 orang laki-laki, 18 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, didapatkan bahwa hasil analisis hasil belajar siswa mencapai 72.12% dan hasil analisis guru mencapai 71.15% , dan hasil analisis kegiatan siswa 73.33%. data tersebut belum mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yakni 80%, untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, analisis hasil belajar siswa mencapai 82.12%, analisis kegiatan guru mencapai 94.23%, dan analisis kegiatan siswa mencapai 90%. Data yang didapatkan pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang sudah di tetapkan yakni 80%. Hasil capaian ini diperoleh setelah melakukjan beberapa perbaikan dan peningkatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilakukan secara bertahap pada setiap siklus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kesebangunan di kelas IX-D SMP Negeri 7 Kota Gorontalo tahun 2015/2016 dapat meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Make A Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011