Penulis / NIM
RISNO AMULA / 421407069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Risno Amula. 2013. Peranan Penggunaan KIT IPA Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bulagi Utara (Suatu Penelitian Di SMP Negeri 1 Bulagi Utara). Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulagi Utara dalam melakukan praktikum dengan menggunakan KIT IPA fisika pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bulagi Utara selama 1 bulan. Seluruh siswa kelas VII (tujuh) di SMP Negeri 1 Bulagi Utara menjadi populasi pada penelitian ini yang berjumlah 39 orang dan diambil keseluruhan populasi sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan rubrik penilaian keterampilan proses sains siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa dalam melakukan praktikum dengan menggunakan KIT IPA fisika berada pada kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan analisis inferensial yang ditunjukkan melalui interval taksiran rata-rata yakni atau sebesar 41,02% siswa dengan kategori tinggi, 12,82% dengan kategori sedang dan 46,15% dengan kategori rendah.
Kata kunci : KIT IPA, Keterampilan Proses Sains Siswa
Download berkas