Penulis / NIM
ALI SAAD / 421408096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Ali Saad. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan PAKEM pada Materi Energi Bunyi di Kelas IV SDN 66 Kota Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan PAKEM yang dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 63,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,8%. Hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 61,9 dan siklus II mencapai 90,5%. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 69,72 %, rata-rata kelas mencapai 69,72 dan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 55,6 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 88,9 %, rata-rata kelas 85,28 dan daya serap klasikal 85,28 %. Memperhatikan hasil siklus II, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: PAKEM, Hasil Belajar
Download berkas