SKRIPSI

Penulis / NIM
RIANINGSI PAPUTUNGAN / 421410077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Rianingsi Paputungan, 2015. Pengaruh Penggunaan KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Alat-alat Optik (suatu penelitian di SMP Negeri 2 Tutuya). Skripsi, S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr.Hj,Sunarti, M.pd dan Pembimbing II Supartin M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang dilaksanakan di Smp Negri 2 Tutuyan Boltim. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media KIT IPA, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran KIT IPA. Seluruh siswa kelas VIII Smp Negri 2 Tutuyan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 menjadi populasi penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas tersebut diberikan tes hasil belajar posttest. Hasil posttest diperoleh nilai rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimna pada kelas eksperimen adalah 73,62 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 50,25. Secara statistik untuk mengetahuai sejauh mana skor kemajuan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran KIT IPA, di uji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t. Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 7,9144 untuk diperoleh nilai ttabel = 1,686 hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan diterima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu ''Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan KIT IPA pada topik alat optik''. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, KIT IPA,Pembelajaran optic. ABSTRACT RianingsiPaputungan, 2015. The Influence of the Use of KIT IPA toward Students' Learning Achievement onoptical Tools Topic ( A research at SMP Negeri 2 Tutuyan). Skripsi, S1 Physics Education, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Principal supervisor was Dr.Hj.Sunarty, M.Pd and Co-supervisor was Supartin, M.Pd. This research was an experimental research that was conducted at SMP Negeri 2 TutuyanBoltim. This research studied of the use of KIT IPA media. It aimed at investigating the influence of KIT IPA media toward studnes' learning achievement. The population of research were all students at class VIII of SMP Negeri 2 Tutuyan in odd semester of 2014/2015 academic year. The samples were students from two classes gained by cluster random sampling techninque. The classes were given posttest. The posttest result showed that the average of students' learning achievement at experimental class was 73,62, and the average of students'learning achievement at control class was50,25. Statistically, to test the improvement of studenets' learning achievement using KIT IPA learning media, it used parametric statistical test namely t test. The result of t test gained the value of tcount was 7,9144, for = 0,05, it gained ttable value as 1,686. This showed that H0 was rejected and H1 was accepted. Thus , the formulated hypothesis that stated ''there was an influence of KIT IPA learning media toward students' learning achievement on optical tools topic,'' was accepted. Keywords: Students' Learning Achievement, KIT IPA Optical Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011