SKRIPSI

Penulis / NIM
ABUBAKAR M. AL-IDRUS / 421410099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Abubakar M. Al-Idrus, 2015 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bunyi. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin M.Si, dan Pembimbing II Citron S. Payu M.Pd. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di MTs Negeri Ampana Kota yang meneliti tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada konsep bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri. Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas VIII MTs Negeri Ampana Kota menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Posttest only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrument tes uraian. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan mengunakan teknik statistik perametrik. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,80 > 2.00 yang berarti menerima hipotesis (H1 diterima). Rata-rata skor untuk kelas kontrol yaitu 69,44 dan kelas eksperimen 75,0029. Dengan demikian terdapat perbedaan antara model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Inkuiri. Kata - kata kunci : Problem Solving, Inkuiri, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Abubakar M. Al-Idrus, 2015 Influence of Learning Problem Solving Model Against Student Results In Sound Concept. Thesis, Program S1 Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Supervisor I Prof. Dr. Mursalin M.Si, and Supervisor II Citron S. Payu, M.Pd. This research is an experimental study in MTs Ampana City that examines student learning outcomes using Problem Solving learning model on the concept of sound. This study aims to determine differences in learning outcomes of students between classes using a model of problem solving learning with the class using inquiry learning model. In this study involved two classes as an object of study each class divided into experimental and control classes. The whole class VIII MTs City Ampana the population in this study and two classes taken as samples withdrawal of the sample using cluster random sampling. The design of this study posttest only control group design. This study used a test instrument descriptions. Data were statistically average score of progress of student learning outcomes in the experimental class and control class differences were tested by using statistical techniques perametrik. Based on testing criteria used were obtained that there is a significant difference in learning outcomes between the experimental class and control class. Based on hypothesis testing criteria then obtained thitung > ttabel is 3.80 > 2.00 means accepting the hypothesis (H1 accepted). The average score for the class of that control is 69,44 and experimental classes is 75,0029. Thus there is a difference between Problem Solving learning model with inquiry learning model. Key words : Problem Solving, Inquiry, Student Results
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011