SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASTRI S. NGADI / 421412022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Sulastri S. Ngadi. 2016. Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Perpindahan Kalor kelas X SMA Muhammadiyah Batudaa. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penguasaan konsep siswa materi perpindahan kalor yang dibelajarkan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan yang menggunakan pendekatan keterampilan proses sains kelas X di SMA Muhammadiyah Batudaa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen bentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan terpilih kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes penguasaan konsep sebanyak 8 butir soal dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan antara penguasaan konsep siswa materi perpindahan kalor yang dibelajarkan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan yang menggunakan pendekatan keterampilan proses sains. Pernyataan ini diperkuat dengan melihat perolehan nilai pada pengujian hipotesis dimana thitung = 2,55 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 1,67 pada taraf = 0,05, terbukti bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Rata- rata nilai penguasaan konsep hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dengan > . Dengan demikian bahwa pendekatan sains teknologi masyarakat lebih cocok digunakan dalam peningkatan penguasaan konsep pada materi perpindahan kalor. Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep ABSTRACT Sulastri S. Ngadi. 2016. The Influence of Science Technology and Society Approach toward Concept Mastery on Heat Transfer Topic at Class X of SMA Muhammadiyah Batudaa. Skripsi, Physics Education, Departemen of Physics, Faculty of Matematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal Supervisor Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and Co-Supervisor is Citron S. Payu, S.Pd, M. Pd. This research aimed at finding out wheter or not the difference of students' concept mastery on heat transfer topic treated by science technology and society approach and students' treated by science process skill approach at class X in SMA Muhammadiyah Batudaa. This research was quasi experimental research with pretest-posttest control group design. The population was the entire students of class which was consisted of 5 class. Sampling technique used cluster random sampling and class X3 was chosen as the experimental class and class X2 as the control class.the instumen was concept mastery test which consisted of 8 essays. The research result obtained that; 1) there is a difference between students' concept mastery on heat transfer lesson on class treated by science technology and society approach to class treated by science process skill.this statement was proven by seeing the value obtained on hypothesis testing in which ttest = 2,55 was higher than ttable as much as 1,67 at the level of = 0,05, it was proven that the hypothesis of H0 was rejected and H1 was accepted; and 2) the average value of mastery concept of students' learning achievement who were treated by science technology and society approach was higher than students who were treated by science process skill with > . Therefore, science technology and societyis more suitable to increase concept mastery on heat transfer lesson. Keywords: Science Technology and Society, Sceince Process Skill, Concept Mastery
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011