SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMMAD GALFIT KOHONGIA / 421413083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berbasis KIT Optik yang memiliki 3 aspek yaitu validitas, kepraktisan dan keefektifan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Development research) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis data hasil validasi, analisis data hasil wawancara guru dan peserta didik serta analisis data validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penilaian kompetensi menggunakan rumus korelasi product moment dan alpha cronbach. Hasil analisis pada tahap implementasi menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Aspek validitas (valid) ditunjukkan berdasarkan hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid "dapat digunakan dengan revisi kecil". Aspek kepraktisan ditunjukkan dari hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan dengan rata-rata persentase untuk dua kali pertemuan adalah 93,18% yang memiliki kriteria sangat baik, serta respon guru dan peserta didik yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran mudah (praktis) digunakan. Sedangkan aspek keefektifan ditunjukkan dari persentase aktivitas setiap peserta didik dengan rata-rata persentase keseluruhan peserta didik untuk dua kali pertemuan adalah 90,02 yang memiliki kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada kompetensi pengetahuan yaitu 81,48% hal ini dapat dikategorikan perangkat pembelajaran yang digunakan efektif karena mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik yang ada. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Optik, Alat Optik Abstract Moh. Galfid Kohongia. 2018. Development of learning KIT Optic Based Learning Media in the Optic Tools in SMP. Skripsi. Study program of Physics Education, Department Of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Drs. Asri Arbie, M.Si and Co-supervisor Iis Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. The study was aimed at describing the quality of the KIT Optic based learning which have three aspects, validity, practically, and effectiveness by using guided inquiry learning in optic topic. The study used development research method with ADDIE development model, which consisted of five stages namely, analysys, design, develop, implementation, and evaluation. Data were collected from expert validation, observation, interview, and test. The data were analysed using validation interview with teachers and learners' analysis, and validity and reliability tests toward the assessment instrument of competence using the product moment correlation and Alpha Cronbach. The data analysis on the implementation stage showed that all the learning media were valid, practice and effective. Whereas the validity aspect on the expert validation showed that the learning media were valid and "could be used with minor revision". The practicality aspect was shown from the percentage of the implementation of the learning for each meeting, which in average, the percentage for twice meetings was 93,18% and categorized and very good. Also the teacher and students responses' showed that this learning media are practical to be used. Whereas, effectiveness aspect was shown from the percentage of each learner's activity with the over all percentage from two meeting's was 90,02, which categorized as very good. The classical accomplishment from the learning output in knowledge competence was 81,48%. And this indicates that the develop learning media were effective as it reaches the score of >75%. Keywords : Learning media, KIT OPTIC, Guided Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011