SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSTYKA PUTERI / 421414006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Yustyka Puteri, 2018. Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Pelajaran Fisika di Kelas XI MIPA 4. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Asri Arbie dan Abd Wahidin Nuayi Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kreativitas peserta didik pada pelajaran fisika di kelas XI MIPA 4. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 3 Gorontalo. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian skor kreativitas peserta didik pada pertemuan 1 (sebelum penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kreativitas siswa) yaitu sebesar 50% dengan kategori sedang, sedangkan pada pertemuan 4 (sesudah penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kreativitas siswa) meningkat sebesar 84.4% dengan kategori sangat baik. Hasil uji gain perbandingan pertemuan 1 dengan pertemuan 4 berada pada kategori tinggi dengan skor 0.7%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa terjadi pengaruh pada peningkatan kreativitas peserta didik sesudah diberikan perlakuan penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kreativitas peserta didik pada pelajaran fisika dibandingkan sebelum diberikan perlakuan penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kreativitas peserta didik pada pelajaran fisika. Kata kunci: kreativitas, penelitian ilmiah remaja, pelajaran fisika Yustyka Puteri. 2018. The influence of Scientific Research on Youth on Learners' creativity in Physics subject in grade XI MIPA 4. Skripsi. Study Program of Physics Education, Physics Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University Gorontalo. The Principal Supervisor was Asri Arbie, and The Co-supervisor was Abd. Wahidin Nuayi. The study was aimed at finding out the implementation of scientific research on youth toward learners' creativity in physics in grade XI MIPA 4. The study was an experimental study carried out in Grade XI MIPA 4 of SMA Negeri 3 Gorontalo. The data for this study were collected through the observation sheet. The data were analyzed using the descriptive quantitative method. The finding showed that the learners' creativity score in the first meeting (before the implementation of scientific research on youth) was 50% with a moderate category. Whereas, for the fourth meeting (after the implementation of scientific research on youth) the score increased to 84.4% which categorized as very good. The Gain test for comparison between the first and the fourth meeting was in a high category with 0.7% score. The research concluded that there was an influence on students' creativity after the implementation of scientific research on youth in physics learning compared to before the application of this treatment in physics subject. Keywords: creativity, scientific research on youth, physics learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011