SKRIPSI

Penulis / NIM
FERDI H. LATIF / 421414026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
ABSTRAK Ferdi H. Latif. 2018. "Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja Terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik Pada Pelajaran Fisika Di Kelas X IPA 2" (suatu penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, dibimbing oleh bapak Asri Arbie selaku pembimbing I dan Pembimbing 2 Abdul Haris Odja. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Gorontalo yang meneliti tentang kemampuan presentasi peserta didik dengan menerapkan penelitian ilmiah remaja. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penelitian ilmiah remaja terhadap kemampuan presentasi peserta didik pada pelajaran fisika di kelas X IPA 2. Dalam pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Hasil persentase kemampuan presentasi tiap pertemuan dimana pada pertemuan pertama 57,5%, pertemuan kedua 65%, pertemuan ketiga 75% dan pertemuan keempat 82,5%. Dimana pertemuan pertama dijadikan sebagai kemampuan presentasi awal dan pertemuan kedua, pertemuan ketiga dan pertemuan keempat sebagai kemampuan presentasi akhir. 2) Nilai kemampuan presentasi dicari dengan mengunakan rumus perbandingan uji Gain dimana perbandingan pertemuan pertama dengan pertemuan kedua hasilnya 0.1785, perbandingan pertemuan pertama dengan pertemuan ketiga hasilnya 0.4 dan perbandingan pertemuan pertama dengan pertemuan keempat hasilnya 0.5. Kata Kunci : Penerapan, PIR, dan kemampuan Presentasi. ABSTRACT Ferdi H. Latif. 2018. "The Influence Of Application of Learning Model of Integrated Scientific Research Project Based Learning Toward Students' Presentation Capabilities in Business Materials and Energy" (a study conducted at SMA Negeri 1 Gorontalo). Thesis, Physics Education Study Program S1, Physics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, Supervisor Asri Arbie, as mentor I and mentor 2 Abdul Haris Odja. This study is an experimental study in SMA Negeri 1 Gorontalo which examines the ability of students' presentations by applying an integrated learning project based learning model of youth scientific research. In general, this study aims to determine the implementation of learning model based project integrated teen scientific research on the ability of students' presentations on business materials and energy. In collecting data that is using observation sheet, The results of this study are: 1) The percentage of presentation ability per meeting where at first meeting 57,5%, second meeting 65%, third meeting 75% and fourth meeting 82,5%. Where the first meetings serve as early presentation skills and second meetings, third and fourth meetings as final presentation skills. 2) The value of presentation ability is searched by using Gain test comparison formula where comparison of first meeting with second meeting result is 0.1785, comparison of first meeting with third meeting result is 0.4 and comparison of first meeting with fourth meeting result is 0.5. Keywords: Application, PIR, and Presentation skills.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011