Penulis / NIM
ISTIN KALAL / 431412082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi evolusi untuk kelas XII IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (four-D model). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Instrumen dalam penelitian ini berupa angket wawancara kepada guru biologi, lembar validasi instrumen pengetahuan metakognitif yang di tinjau dari isi, konstruksi, dan bahasa oleh dosen ahli, lembar validasi instrumen pengetahuan metakognitif oleh guru biologi, data penilaian kelayakan instrumen pengetahuan metakognitif melalui respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi evolusi berdasarkan perhitungan persentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 84,5% termasuk dalam kategori (sangat baik), oleh ahli desain pembelajaran yaitu 80% (baik), guru 97,5% (sangat baik), respon siswa terhadap instrumen pengetahuan metakognitif yaitu 4,51 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi evolusi untuk siswa kelas XII IPA sebagai pedoman guru untuk mengukur kualitas peserta didik.
Download berkas