Penulis / NIM
DIDIK PRAMANA / 441412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sajian bahan ajar berbasis taksonomi unjuk kerja merril pada pembelajaran faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yakni observasi dan pengumpulan data awal, analisis kebutuhan, proses pengembangan draft, menyusun draft pengembangan dan pembuatan desain produk awal, tinjauan ahli dan uji coba (evaluasi pakar/ahli dan uji coba skala kecil), serta perbaikan produk awal desain pengembangan. Hasil observasi dijadikan rujukan dan tujuan pembelajaran ditentukan setelah melakukan analisis kebutuhan siswa berdasarkan kurikulum 2013. Proses penyusunan drarft dan pengembangan desain produk awal didasarkan pada CDT(Content Display Theory) yakni tingkat untuk kerja, tipe isi ajaran, lingkup bahasan, cara penyampaian, serta bentuk sajian. Tinjauan ahli dilakukan untuk melihat seberapa besar kedalaman materi dan kemenarikan bentuk desain bahan ajar melalui beberapa ahli, hasil yang diperoleh kemudian diuji cobakan kepada siswa dalam skala kecil dan dilakukan perbaikan sehingga diperoleh produk awal desain pengembangan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Taksonomi Unjuk Kerja Merrill, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Download berkas