Penulis / NIM
APRILYANTO SULEMAN / 441412072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan sajian strategi pembelajaran dalam bentuk bahan ajar berbasis taksonomi unjuk kerja Merril pada pembelajaran teori tumbukan. Jenis Penelitian Research and Development ini dilakukan beredasarkan modifikasi model Brog & Gall dengan beberapa tahap yaitu observasi, analisis kebutuhan, proses pengembangan draft, tinjauan ahli, uji coba dan perbaikan produk awal. Hasil observasi menunjukkan kelemahan terhadap pembelajaran teori tumbukan yang dilihat dari penggunaan buku ajar yang kurang tepat dan analisis RPP guru yang memiliki banyak kekurangan. Proses pengembangan draft bahan ajar dilakukan dengan menggunakan urutan taksonomi unjuk kerja Merrill (Conponent Display Theory). Pada tahap tinjauan ahli bahan ajar memerulukan revisi pada desain bahan ajar. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahwa kelemahan siswa adalah pada analisis penerapan prinsip teori tumbukan sehingga dilakukan revisi produk bahan ajar dengan menambahkan analisis penerapan konsep dan prinsip untuk meningkatkan pemahaman siswa pada prinsip teori tumbukan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Taksonomi Unjuk Kerja Merrill, Teori Tumbukan
Download berkas