SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI MULIAWATI J. BAIT / 441414051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK Dewimuliawati J. Bait. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Suleman Duengo, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II terhadap peningkatan kemampuan representasi kimia siswa. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen, pretest-posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling terhadap 34 siswa kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemampuan representasi kimia siswa diukur melalui tes pilihan ganda beralasan terbuka pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Tes ini berjumlah 17 soal dengan 3 level representasi kimia, yaitu kemampuan siswa secara makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor di level makroskopik pada pretest sebesar 48% dengan kriteria kurang dan pada posttest menjadi 79% dengan kriteria baik, untuk level submikroskopik skor pretest sebesar 40% dengan kriteria sangat kurang dan pada posttest menjadi sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, dan pada level simbolik skor pretest sebesar 27% dengan kriteria sangat kurang dan posttest menjadi sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. (2) Perhitungan nilai indeks gain pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi kimia pada level makroskopik diperoleh sebesar 0,39 dengan kategori sedang, pada level submikroskopik sebesar 0,84 dengan kategori tinggi, dan pada level simbolik sebesar 0,86 dengan kategori tinggi; (3) Berdasarkan uji statistik diperoleh harga thitung = 30,3untuk taraf signifikansi () 5% (0,05) dengan dk = 32 dan nilai ttabel = 1,69. Oleh karena itu, penggunaan metode pembelajaran SiMaYang Tipe II mempengaruhi peningkatan kemampuan representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci:Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II, Kemampuan Representasi Kimia, Makroskopik, Submikroskopik, Simbolik ABSTRACT Dewimuliawati J. Bait. 2018. The effect of SiMaYang Type II Learning Model on the Improvement of Chemistry Representation Ability of Students at Class X in Electrolyte and Nonelectrolyte Topic at SMA Terpadu Wira Bhakti of Gorontalo. Skripsi, Study Program of Chemistry Education, Departement of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Suleman Duengo, S.Pd., M.Si, and the co-supervisor is Dr. Akram La Kilo, M.Si. The quantitative research aimed to know the effect of SiMaYang Type II Learning Model on the improvement of students' chemistry representation ability. It employed quasi-experimental research, pretest-posttest control group design. The research samples were 34 students at class X of SMA Terpadu Wira Bhakti of Gorontalo in the academic year of 2017/2018 that was selected through purposive sampling. It consisted of control and experiment groups. Students' chemistry representation ability was measured through multiple choice with open reasoning instrument in electrolyte and nonelectrolyte topic. The test comprised 17 questions with 3 levels of chemistry representation namely macroscopic, submicroscopic, and symbolic. Research finding showed that (1) students' score in the macroscopic level at pretest was 48% with fewer criteria and at posttest was 79% with good criteria. Then, in submicroscopic level, the pretest score was 40% with very fewer criteria, and the posttest score was 92% with very good criteria while the symbolic level showed a score of 72% with very fewer criteria for pretest and 88% with very good criteria for posttest. (2) calculation of gain index value at experiment group showed improvement of chemistry representation ability at macroscopic level was 0,39 with medium category, at submicroscopic level was 0,84 with high category and at symbolic level was 0,86% with high category; (3) Based on statistical test, it obtained value of tcount= 30,3 at significance level () of 5% (0,05) with df = 32 and value of ttable = 1,69. Therefore, the use of SiMaYang Type II Learining method affected the Improvement of chemistry representation ability at electrolyte and nonelectrolyte solution. Keywords: SiMaYang Type II Learning Model, Chemistry Representation Ability, Macroscopic, Submicroscopic, Symbolic.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011