Penulis / NIM
AL FATAHAR / 451408007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap metode kerja kelompok dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei korelasional untuk menggambarkan persepsi siswa terhadap metode kerja kelompok yang diterapkan oleh guru geografi dalam mengajar dengan prestasi siswa berupa tanggapan, pandangan, dan perasaan. Hasil pengujian normalitas data menunjukan bahwa variabel X (persepsi siswa terhadap metode kerja kelompok) dan variabel Y (prestasi belajar siswa), berdistribusi normal dan diterima. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi ? = 34.41 + 0.38x, dengan koefisien korelasi r = 0.73 dan koefisien determinasi r2 = 0.5285 atau 52.85%. Dari pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thirung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap metode kerja kelompok dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontaloā€¯, dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Persepsi, Metode kerja kelompok, Prestasi
Download berkas