Penulis / NIM
HAMDAN GOBEL / 451408037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Hamdan Gobel. 451408037. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Metode Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kwandang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan metode snowball drilling dengan kelas yang menggunakan metode snowball drilling pada materi hidrosfer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eskperimen dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Kwandang dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas X6 dengan jumlah siswa 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 dengan jumlah siswa 36 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 92,44% sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 86,30%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukan bahwa thitung>ttabel yaitu 11,9858>1,6669. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarakan dengan menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan metode snowball drilling dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode snowball drilling. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan metode snowball dilling dan kelas yang menggunakan metode snowball drilling.
Kata kunci : Picture And Picture, Snowball Drilling, Hidrosfer
Download berkas