SKRIPSI

Penulis / NIM
PONIHINDRAWATI S. PAMA / 451408101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
PONIHINDRAWATI S. PAMA. NIM. 451 408 101. " Deskripsi Cara Belajar Siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo Pada Mata Pelajaran Geografi". Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Geografi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi cara belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Prasetya Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan cara belajar siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo pada mata pelajaran geografi. Dari hasil menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang diukur dari: (1) indikator niat diperoleh presentase sebesar 88,89% dengan kategori baik, (2) indikator kemauan yang kuat diperoleh presentase sebesar 83,33% dengan kategori baik, (3) indikator perhatian diperoleh presentase sebesar 83.75% dengan kategori baik, (4) indikator konsentrasi diperoleh presentase sebesar 77,50% dengan kategori baik, (5) indikator apersepsi diperoleh presentase sebesar 83.33% dengan kategori baik, (6) indikator catatan diperoleh presentase sebesar 85,83% dengan kategori baik, dan (7) indikator bertanya diperoleh presentase sebesar 85% dengan kategori baik. Secara umum cara belajar siswa secara keseluruhan dapat diperoleh sebesar 84.66 % dengan kategori baik. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa cara belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah bahwa siswa sebelum melakukan aktivitas belajar selalu berniat, siswa sudah memiliki kemauan yang kuat dalam belajar, siswa memiliki perhatian terhadap materi yang akan dipelajari, siswa selalu konsentrasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran, melakukan apersepsi terhadap pelajaran yang diterima, dan siswa memiliki catatan setiap mata pelajaran yang diterima. Sehingga dapat disimpulkan cara belajar siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maupun di rumah sudah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Cara Belajar Siswa, Mata Pelajaran Geografi .
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011