SKRIPSI

Penulis / NIM
RELLYS MAHANIKA ABDJUL / 451408107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Rellys mahanika Abdjul, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Geografi Topik Pedosfer Dengan Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Program studi Pendidkan Geografi Jurusan Ilmu dan Tekhnologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Tridharma Gorontalo pada siswa kelas X, terlihat bahwa perhatian siswa ada materi hanya terjadi pada awal pembelajaran saja. sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih relatif rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pedosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble Pada Siswa Kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 13 orang. Yang terdiri dari 10 siswa Laki-Laki 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kemampuan sebesar 61,53%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,61%. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor 75. Ini menunjukkan presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Perlu dilanjutkan kesiklus II. Kekurang-kurangan pada siklus I diperbaiki dan disempurnahkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang diperoleh dari 13 orang siswa ada 11 orang siswa atau 84,6% memperoleh nilai skor 75. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada topik pedosfer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Tridharma Gorontalo pada tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble, hasil belajar. ABSTRACT Rellys Mahanika Abdjul, 2015. Increasing Students' Learning Achievement on Pedosphere Topic of Geography Subject by Applying Scramble Type of Cooperative Learning Model at SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Study Program of Geography Education, Departement of Geo Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and the co-supervisor was Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Besed on the observation result that had been conducted at SMA Tridharma Gorontalo on students in 10 grade, the studets' learning achievement was relatively low due to the students' attention to the learning topic was only in the beginning of the learning. This research was a classroom action research. It aimed at increasing students' learning achievement on Pedosphere topic of Geography subject trough scramble type of cooperative learning model on students' at class X of SMA Tridharma Gorontalo. The subjects of research were all students' of class X amounted 13 students' that consisted of 10 females and 3 males. This research was conducted into two cycles that consisted of 4 components; planning, implementation, observation, and analysis and reflection. To collect the data, it used teacher's activity observation sheet, student's activity observation sheet, and test of learning achievement. The cycle I showed that the percentage average of the students' ability was 61,53%. The result increased to 84,61% in cycle II. The completeness incator for learning achievement is that classically 75% of students got the score as 75. This shows that the result of cycle I does not reach the determined completeness indicator, therefore it should be continued to the cycle II. The weaknessesin cycle I was improved and completed in cycle II. In cycle II there were II out of 13 students or about 84,6% who gained the score as 75. Thus, it can be concluded that scramble type of cooperative learning model on pedosphere topic can increase class X students' learning achievement at SMA Thidharma Gorontalo in 2014/2015 academic year. Keywords: Scramble Type of Cooperative Learning Model, learning achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011