Penulis / NIM
SAMSUKUR / 451409062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Samsukur 451 409 062. Dengan skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran animasi dengan aplikasi Movie maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer di kelas X MAN Model Gorontalo” Jurusan fisika Program Studi pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh media movie maker yang digunakan dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan kelas (X-10) dan kelompok Respon kelas (X-4). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media movie maker dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media chart. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Model Gorontalo. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 17 siswa yaitu kelas X-10, kelas Respon sebanyak 17 siswa yaitu kelas X-4. Instrumen penelitian menggunakan tes. Tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok perlakuan dan juga pada kelompok Respon. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh adalah . Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media Movie Maker dengan kelas yang menggunakan media Chart.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Media Movie Maker
Download berkas