SKRIPSI

Penulis / NIM
FAJRIANSYAH / 451409081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Fajriansyah, 2014."Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Informaion Search Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer". Penelitian ini merupakan studi penelitian eksperimen di Madrasyah Aliyah Negeri Limboto Kab.Gorontalo. mengkaji tentang pembelajaran dengan menggunakan "Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search" yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen (XE) yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search dan kelas kontrol (XD) yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example. Seluruh siswa kelas X yang berjumlah 5 kelas menjadi populasi penelitian ini, kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan instrument tas objektif. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan statistic Uji Lielifors L0 ≤ Ldaftar yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,1025 ≤ 0,220dan untuk kelas control sebesar 0,2196 ≤ 0,227. Data hasil uji satistik menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasilpengujian normalitas data, pengujian hipotesis diuji secara statistic dengan menggunakan statistic uji t. dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2,019 ≥ 1,699 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1diterima) dan H0 ditolak, ha ini berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control pada hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperaif Tipe Information Search dan kelas yang menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran geografi materi hidrosfer. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search. Hasil Belajar Siswa
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011