SKRIPSI

Penulis / NIM
HAMSIAH MUHAMMAD / 451410006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK HAMSIA MUHAMMAD. 2016. Deskripsi Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Geografi Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Eng Sri Maryati, S.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Se-Kabupaten Gorontalo Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru mengelola kelas (2) mengetahui aspek-aspek apa yang perlu diperbaiki agar keterampilan guru mengelola kelas menjadi lebih baik, (3) mengetahui bagaimana solusi perbaikan aspek-aspek keterampilan guru mengelola kelas menjadi lebih baik, dengan jumlah guru sebanyak 7 orang dan sekolah sebanyak 7 sekolah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan guru mengelola kelas dalam pembelajaran geografi di SMA se-Kabupaten Gorontalo Utara pada indikator prinsip penggunaan memiliki kriteria sangat baik yakni 63,27%. Sedangkan indikator membagi perhatian secara visual dan verbal memiliki kriteria sangat baik yakni 95,92%. Memelihara kondisi pembelajaran yang optimal kriteria sangat baik yakni 100%. Memusatkan perhatian kelompok memiliki kriteria sangat baik yakni 93,88%, memberikan penguatan memiliki kriteria sangat baik yakni 100%, memberikan teguran memiliki kriteria sangat baik yakni 75,5%. Aspek-aspek yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki yaitu pada indikator memberikan teguran. Aspek-aspek tersebut dapat diperbaiki dengan cara guru harus mampu menegur siswa yang tidak mengerjakan tugas atau mengganggu siswa yang lain agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan. Kata Kunci: Keterampilan Mengelola Kelas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011