SKRIPSI

Penulis / NIM
HARDIANTO MAX TONDOK / 451410047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Hardianto Max Tondok. 2014. Hubungan antara Kecersadan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 121 orang siswa kelas XI dari kelas XI IPS1, XI IPS2, XI IPX3, dan XI IPS4. Sampel penelitian diambil 25% dari setiap kelas, dari kelas XI IPS1 diambil 8 orang siswa, dari kelas XI IPS2 diambil 7 orang, dari kelas XI IPX3 diambil 7 orang, sedangkan dari kelas XI IPS4 diambil 8 orang. Dari hasil pengujian normalitas untuk data Kecerdasan Emosional dan Hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 0,4468, Ltabel untuk n=30 dengan taraf signifikansi =0,05 adalah 0,161. Lhitung < Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang berasal dari populasi berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-r, dari perhitungannya didapat thitung = 3,7882 > ttabel = 1,701 pada = 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar Geografi. Berdasarkan hasil temuan maka disarankan kepada tenaga pengajar (guru) sebagai tenaga pendidik, hendaknya mempunyai kesadaran dan memberikan motivasi tentang pentingnya Kecerdasan Emosional dimiliki oleh siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya. Bagi peneliti yang ingin meneliti lebih jauh tentang Kecerdasan Emosional siswa serta kaitannya dengan hasil belajar, hendaknya memperhatikan variabel lain yang menyebabkan timbulnya Kecerdasan Emosional serta tahapan pengembangannya. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Geografi
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011