Penulis / NIM
IYAM H. HELINGO / 451410093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Helingo. H Iyam. Nim 451410093. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Atmosfer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2015.
Tujuan dari penelitian, untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Bonepantai dengan menerapkam model Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran Geografi topik Atmosfer. Siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X6 SMA Negeri I Bonepantai yang berjumlah 26 orang. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X6 SMA Negeri I Bonepantai pada mata pelajaran Geografi materi Atmosfer, dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 26 orang siswa, hanya 11 orang yang tuntas yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 42.3% , dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 26 orang siswa yang tuntas mencapai 23 orang sebesar 92.3%. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Active Knowledge Sharing,
Download berkas