SKRIPSI

Penulis / NIM
TRISYANTI TALIBO / 451410098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Trisyanti Talibo, 2016. Penggunaan metode Drill (Latihan) pada pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa untuk kelas XI Di Sma Negeri 1 Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow utara (suatu penelitian tindakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bolangitang Timuri). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II oleh Supartin S.Pd, M.Pd Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode Drill. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas guru. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, dari 27 siswa yang mencapai nilai 75 ke atas yaitu 63%, aktivitas siswa 58% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru. 73% mendapat kriteria baik dan sangat baik, Hal ini menunjukan bahwa tindakan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang sudah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II, karena untuk hasil belajar siswa dikatakan berhasil jika 80% mendapat nilai KKM yaitu 75 ke atas, sedangkan untuk aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81%, aktivitas siswa 86% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 88% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan ini, menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill (latihan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci :Hasil belajar siswa, Pembelajaran Metode Drill
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011