SKRIPSI

Penulis / NIM
IRMAWATY HADI / 451411003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK Irmawaty Hadi. NIM. 451 411 003. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assmessment Dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Di SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Prof.Dr.Enos Taruh, M.Pd, (2) Muh. Kasim ST, MT. Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah Jika menggunakan model pembelajaran ARIAS maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Tridharma Gorontalo akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 14 orang siswa kelas XI Ips SMA Tridharma tahun ajaran 2015-2016. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Dan Satisfaction) materi sumber daya alam pada siswa kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo telah memenuhi kriteria keberhasilan seperti yang telah dirumuskan pada indikator kinerja. Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tersebut nampak setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran sebanyak dua siklus. Dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yang tuntas sebanyak 8 orang (57%), sedangkan pada siklus dua meningkat menjadi 12 orang (93%). Pada pengamatan aktivitas guru dapat dilihat bahwa pada siklus I hanya mencapai (78%) yang berkategori sangat baik dan baik, namun pada siklus II setelah diadakannya perbaikan-perbaikan meningkat menjadi (88%) yang berkategori baik dan sangat baik. Begitu pula dengan hasil pengamatan aktivitas siswa dimana pada siklus I hanya mencapai (57%) yang berkategori sangat baik dan baik, tetapi pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi (89%) yang berkategori sangat baik. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model ARIAS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011