SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUSTINA B. MOHAMMAD / 451411067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Agustina B. Mohamad. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Integrasi Model Pembelajaran Pair Check Dan Cooperative Script di Kelas XI SMA Negeri 1 Bukal". Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan integrasi model pembelajaran Pair Check dan Cooperative Script hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah jika integrasi model pembelajaran Pair Check dan Cooperative Script digunakan dalam pembelajaran geografi, maka hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bukal akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 28 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bukal tahun ajaran 2014-2015. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 28 orang siswa ada 13 orang siswa atau 46% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 15 orang siswa atau 54% memperoleh skor kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 28 orang siswa ada 24 orang siswa atau 85,7% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 4 orang siswa atau 14% memperoleh skor kurang dari 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan integrasi model pembelajaran Pair Check dan Cooperative Script pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bukal. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Integrasi Model Pembelajaran Pair Check dan Cooperative Script.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011