SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIF UMAR / 451413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Arif Umar. 2018. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar Geografi pada siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila: Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa. M.Si, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T. 50 hal. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar Geografi Pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar Geografi. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar Geografi dibagi oleh penulis dalam empat kategori antara lain: Peran guru sebagi pengajar, peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, studi pustaka dan dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik trianggulasi untuk pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa (1) guru Pendidikan Geografi SMA Negeri 1 Kabila melaksanakan perannya (a) sebagai pengajar, yakni dalam hal ini adalah membuat ilustrasi, menganalisis, bertanya, dan merespon siswa. (b) sebagai pengelola kelas, yakni dalam hal ini mengkondisikan kelas, menghilangkan berbagai hambatan yang mengganggu pembelajaran, dan menyediakan fasilitas belajar. (c) sebagai motivator, yakni dalam hal ini, membangkitkan dorongan kepada siswa untuk belajar, Menjelaskan apa yang dapat dilakukan pada akhir pengajaran, memberikan ganjaran terhadap prestasi yang dicapai, dan membentuk kebiasaan belajar yang baik. (d) sebagai evaluator, yakni dalam hal ini, mengetahui kemajuan belajar siswa dan memberikan penilaian yang baik dan jujur. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar geografi. (a) faktor pendukungnya yakni adanya fasilitas penunjang dalam proses KBM contoh seperti buku pembelajaran, LCD dan laptop. (b) faktor penghambatnya yakni ruang kelas yang panas serta kurangnya fasilitas belajar. Kata kunci: Peran guru dalam meningkatkan minat belajar geografi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011