SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTI YUSUF / 811411029
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Pembimbing 2 / NIDN
SIRAJUDDIEN BIALANGI, SKM, M.Kes / 0017117413
Abstrak
ABSTRAK Fitriyanti Yusuf. 811411029. Indeks kepuasan pasien ditinjau dari pelayanan kesehatan puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj. Rama P Hiola,Dra, M.Kes. dan Pembimbing II Sirajuddien Bialangi, SKM M.Kes. Kepuasan adalah sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membendingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. Kepuasan pasien juga sebagai indikator pertama dari standar suatu Puskesmas dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Lima Indikator pelayanan di Puskesmas yaitu dapat dilihat dari dimensi reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empaty (perhatian), dan tangibles (kenyataan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan pasien ditinjau dari pelayanan kesehatan Puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik persentase. Analisis data dalam penelitian adalah analisis data univariat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 240 orang dengan sampel sebanyak 150 orang. Pada pengembilan sampel yaitu secara accidental sampling. Hasil penelitian analisis data diketahui bahwa Puskesmas Limba B Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo memberikan pelayanan yang baik dan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Dimana diketahui bahwa pasien yang datang ke puskesmas limba B mengatakan puas berjumlah 89 orang (59.3%) dan yang mengatakan sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan berjumlah 61 orang (40.7%). Disimpulkan bahwa indeks kepuasan pasien dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya : reliability, responsiveness, assurance, empaty, dan tangibles. Diharapkan kepada Masyarakat sebaiknya dapat memanfaatkan layanan kesehatan di Puskesmas dan Pihak Puskesmas harus terus meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan, Puskesmas Abstract Fitriyanti Yusuf. 811411029. Patient Satisfaction Index in Terms of Health Services of Puskesmas Limba B Subdistrict of Kota Selahru Kota Gorontalo Deparhnent of Public Healtlu Faculty of Sports and Health, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Hj. Rama P. Hiola., Dra, M.Kes and the co-supervisor was Sirajuddien Bialangi, SKlvI, M.Kes. Satisfaction is the level of someone's feeling after comparing the performance or the result felt by the person and the expectation. Patients' satisfaction is the first indicator for the standard of public health center (puskesmas) as well and as a measurement of service quallty. There are five indicators in Puskesmas in which it can be seen from reliability, responsiveness, assuftlnce, empathy, and tangibles dimensions. This research is aimed at finding out patient satisfaction index in terns of health services of Puskesmas Limba B,Kota Selatan sudistrict. This research used quantitative approach with percentage technique. Data analysis was univariate. The populations were 240 people with 150 people as the samples. Sampling used accidental sampling. The result of the data analysis revealed that Puskesmas Limba B Kota Selatan Gorontalo city provides good and appropriate as it expected by the society in which it is known that patients who come to Puskesmas Limba B claim satisfy reached to 89 people (59.3%) and very satisfy to the services given by health workers reached to 6l people (40.7%). Therefore, it concluded that patient satisfaction index can be seen from several points, those are: reliability, responsiveness, as$uance, empathy, and tangibles. It is expected to the society to be able to utilize health services in Puskesmas and Puskesmas should actively improve service quallty in order the society feel satisfied with the services. Keywords: Service, Satisfaction, Puskesmas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011