SKRIPSI

Penulis / NIM
MEY SIN BAKONA / 811412094
Program Studi
S1 - KESEHATAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Pembimbing 2 / NIDN
dr. SRI MANOVITA PATEDA, M. Kes / 0001118004
Abstrak
ABSTRAK Mey Sin Bakona. 2016. Perbedaan Persepsi Masyarakat Tentang Pemanfaatan Pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Pembimbing I Dr. Rama P Hiola, Dra., M.Kes. Pembimbing II dr. Sri Manovita Pateda M.Kes. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pelayanan kesehatan sudah menjadi kebutuhan oleh masyarakat selain pangan dan pendidikan. Saat ini pun sudah banyak muncul instansi kesehatan termasuk puskesmas dan rumah sakit yang masing-masing instansi ini memberikan pelayanan yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi masyarakat tentang pemanfaatan pelayanan di puskesmas dengan di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Gorontalo yang berjumlah 190.492 jiwa. Sampel berjumlah 400 orang dipilih dengan metode Proportional Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dalam bentuk checklist. Analisis data diuji dengan uji beda menggunakan Paired Sampel T Test yang bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi masyarakat tentang akses, fasilitas, waktu dan biaya pelayanan di puskesmas dengan di rumah sakit. Hasil uji Paired T Test menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti memiliki perbedaan yang signifikan artinya terdapat perbedaan tentang akses pelayanan di puskesmas dengan di rumah sakit (p=0.000), ada perbedaan antara fasilitas di puskesmas dengan di rumah sakit (p=0.000), ada perbedaan tentang waktu pelayanan di puskesmas dengan di rumah sakit (p=0.009) serta terdapat perbedaan tentang biaya pelayanan di puskesmas dengan di rumah sakit (p=0.000). Kesimpulannya persepsi masyarakat tentang akses, fasilitas, waktu dan biaya pelayanan di puskesmas dan di rumah sakit memiliki perbedaan yang signifikan. Diharapkan kepada pihak puskesmas dan rumah sakit agar dapat meningkatkan sistem, mutu dan kualitas pelayanan kesehatan baik dalam akses, fasilitas, waktu dan biaya pelayanannya. Kata Kunci : Puskesmas, Rumah Sakit, Pemanfaatan, Pelayanan Kesehatan ABSTRACT Mey Sin Bakona, 2016. Differences of Community Perception on Utilization of Services at Public Health Center (PUSKESMAS) and Hospital. Principal Supervisor is Dr. Rama P. Hiola, Dra., M.Kes and Co-supersivor is dr. Sri Manovita Pateda, M.Kes. Departement of Public Health, Faculty of Sports and Health, State University of Gorontalo. Health care service is one of the community needs in addition to food and education. Currently, there are many health care providers including Puskesmas and Hospital in which, each institution provide different services. This research aims to find out the different perception of the community on the utilization of services at Puskesmas and Hospital. This is an analytical survey. The population of this research is all 190,492 people of Gorontalo city. The sample in this research is 400 people selected trough proportional random sampling. The instrument used in this research is checklist questionnaire. The data analysis is tested with paired sample t test, which aims to find out whether there are differences of community perception on access, facility, time and cost of the services at Puskesmas and Hospital. The paired t test reveals that all researched variables have significant differences, which means that there are differences on accsess for services at Puskesmas and hospital (p=0.000), there are differences between Puskesmas facilities and hospital facilities (p=0.000), there are differences on the service time between services provided at Puskesmas and hospital(p=0.009), and there are differences between the cost of health care services at Puskesmas and at hospital (p=0.000). The conclusion of this research is that counity perception differences on access, facilities, time and cost of services at Puskesmas and hospital are significant. It is expected that the Puskesmas and hospital to be able to increase the system and quality of health care services in access, facilities, time and costs of services. Keywords : Puskesmas, Hospital, Utilization, Health Care Services
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011