Penulis / NIM
REDY PRASTAWAN / 831409106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Redy Prastawan Nim 831 409 106. “Studi experimen model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar tenis meja pada Siswa-Siswi SmpNegeri 10 Kota Gorontalo”. Skripsi Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo 2013. Bimbingan (I) Ahmad lamusu, S.Pd M.Pd dan Bimbingan (II) Zulkifli lamusu, S.Pd M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar tenis meja pada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan one group pre-test and posh-test. Desain jumlah populasi dalam penelitian berjumlah 26 orang dan sampel yang digunakan adalah 26 orang dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, sedangkan sampel yang digunakan dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pre-tes dan posh-test dengan test ratting scale. Kemudian di analisis dengan menggunakan statistik uji t. Berdasarkan hasil perhitungan hasil belajar tenis meja diperoleh t observasi =7. Dari tabel nilai t atau ttabel pada ? = 0,05; dk = n-1 (26-1 =25) diperoleh harga ttabel = 2,48. Berdasarkan kriteria pengujian bahwa terima Ho :jikathitung ? ttabelpada ? = 0.05; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa- siswi kelas VIII SMP Negeri 10 .
Kata Kunci :Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar tenis meja
Download berkas