SKRIPSI

Penulis / NIM
RISMAT ABIDIN / 831411042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK Rismat Abidin. NIM. 831411042. " Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Explicit Instruction (Pengajaran Langsung) Siswa Kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo Skripsi. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS. Pembimbing II. Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswakelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui explicit instruction (pengajaran langsung). Hipotesis tindakan yakni Jika guru menerapkan explicit instruction (pengajaran langsung) dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo Kota Gorontalo meningkat dengan indikator kinerja apabila 75% dari jumlah siswa telah memiliki kemampuan teknik passing bawah atau tingkat penguasaan 75 sampai dengan 89 maka penelitian ini dianggap selesai. Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah pada permainan bola voli melalui explicit instruction (pengajaran langsung) pada siswakelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo Kota Gorontalo, dari observasi awal 49,73% pada siklus pertama menjadi 69,13%, siklus kedua meningkat menjadi 80,88%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui explicit instruction (pengajaran langsung) hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada permainan bola voli kelas VII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu: Jika guru menggunakan explicit instruction (pengajaran langsung) maka hasil belajar siswa kelas VI SDN Nomor 96 Sipatana Kota Gorontalo Kota Gorontalo dalam melakukan passing bawah pada permainan bola voli akan meningkat. Kata kunci : passing bawah, model explicit instruction (pengajaran langsung)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011