Penulis / NIM
RANDIANTO M. INTOKA / 831411092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Randianto M Intoka, 2015. Nim 831 411 092. Untuk meningkatkan Hasil Belajar Lempar Cakram Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) Dikelas XI TKR SMK Negeri I Suwawa, Program studi SI pendidikan keolahragaan. Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Adapun permaslahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Apakah penetapan strategi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram siswa kelas XI TKR SMK Negeri I Suwawa. Tujuan dari penelitian ini adalah unutuk meningkatkan proses pembelajaran pendidikan jasmani melalui strategi model pembelajaran STAD yang bertujuan guna meningkatkan hasil belajar lempar cakram yang dibelajarkan disekolah menegah kejuruan, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melempar dalam lempar cakram melalui strategi model pembelajaran STAD siswa kelas XI TKR SMK Negeri I Suwawa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang ada dikelas XI TKR SMK Negeri I Suwawa, dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 6 orang putra dan 14 orang putri. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung dalam II siklus dari masing-masing siklus diberi tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, penelitian ini dikatakan selesai apabila indikator capaian siswa mencapai 75%. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal di peroleh rata-rata sebesar 45,41% dan diberi tindakan pada siklus I meningkat sebesar 15,31% sehingga rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa mencapai 60,31 % pada pemberian tindakan siklus I, namun capaian siswa di siklus ini belum mencapai indikator , oleh karena itu perlu untuk diberi tindakan lanjutan yakni masuk pada siklus II, dalam siklus II ini rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa meningkat sebesar 15,52 % sehingga mencapai 75,83 % setelah evaluasi siklus II dilakukan. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian tindakan kelas ini telah dianggap selesai dan berhasil karena sudah mencapai indikator ketentuan dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini. Dengan adanya penelitian berlangsung di SMK Negeri I Suwawa bahwa melalui strategi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa yang duduk dikelas XI TKR. Dengan demikian maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan strategi model pembelajaran STAD, dalam pelaksanaan pembelajaran lempar cakram siswa kelas XI TKR yang ada di SMK Negeri I Suwawa dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Lempar Cakram, Strategi Model Pembelajaran STAD
Download berkas