SKRIPSI

Penulis / NIM
ISHAK YUSUF / 831411163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK ISHAK YUSUF / 831 411 163 "Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Pasing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Model Kooperatif Learning Siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo Dosen Pembimbing 1 Risna Podungge S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing 2 Syarif Hidayat, S.Pd.KOr,MOr. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam melakukan pasing bawah, rendahnya hasil belajar siswa pada materi permainan bola voli terutama pada materi pasing hingga mengakibatkan nilai mata pelajaran rendah. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar pasing bawah pada permainan bola voli melalui Model Kooperatif Learning siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Adapun hipotesis tindakan yaitu " jika penggunaan Model Kooperatif Learning diterapkan, maka kemampuan teknik dasar pada permainan bola voli siswa kelas VIII SMP N 11 Gorontalo dapat ditingkatkan. Indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu : apabila kemampuan dasar passing bawah melalui model Kooperatif Learning pada siswa Kelas VIII SMP N 11 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan minimal 80%. Maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Data pada penelitian ini merupakan suatu jenis tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di sekolah SMP Negeri 11 Kota Gorontalo, dengan jumlah siswa 22 orang 12 putra dan putri berjumlah 10 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan teknik pasing yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan pasing bawah sebesar 36,73%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 59.08% dan pada tindakan siklus II di peroleh hasil pencapaian sebesar 84,96%, berada pada kategori baik. Simpulan: berdasarkan penjelasan tersebut diatas jelas bahwa hasil penelitian initelah mencapai indikator yang diterapkan. Jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika penggunaan model Kooperatif Learning diterapkan, maka kemampuan dasar passing bawah pada permainan bola voli siswa Kelas VIII SMP N 11 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Dapat diterima. Kata Kunci: Teknik dasar pasing bawah, Model Kooperatif Learning, Siswa SMP
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011