SKRIPSI

Penulis / NIM
SIDIQ MUSTOFA / 831411195
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK Dalam menyampaikan masalah ini, Penulis ingin menyampaikan hal-hal yang terurai sebagai berikut: A. Masalah Kurang mampunya siswa dalam ketampilan lempar cakram sehingga perlu adanya tindakan yang lebih intensif, Barangkali perlu adanya pemilihan metode yang tepat dari guru Pengajar,Kurangminat dan perhatian siswa didalam pembelajaran cabang atletik Lempar cakram. B. Tujuan Meningkatkankebugaran jasmani siswa melalui kegiatan olahraga atletik lempar cakram yang terdiri dari: Cara memegang cakram Sikap badan pada saat akan melempar Cara melempar cakram Sikap ahir setelah melempar. C. Metode Pemberian contoh peragaan lempar cakram oleh Guru tentang peragaan tata cara melempar, Pemberian waktu kepada masing-masing siswa untuk mengadakan kegiatan peragaan melempar cakram, sekaligus mengadakan perbaikan atas kekeliruan siswa sebagaimana diuraikan diatas. Pemberian evaluwasi terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan kegiatan lempar cakram. (Explicit Instruction) " D. Hasil Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran kususnya tentang lempar cakram akan nampak dari hasil evaluasi yang dicapai siswa sebagaimana diuraikan dalam data berikut: Data observasi awal sebesar 55,40 % dan meningkat pada siklus 1,sebesar 70, atau meningkat 10 % maka dari itu penelitian dilanjutkan kembali pada siklus 2 sehingga data yang diperoleh menjadi 81,25 %.Adapun yang menjadi indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan tehnik dasar Lempar Cakram sebesar 80%. Pengambilan data dilakukan melalui lembar pengamatan siswa yang telah disiapkan,serta data yang diperoleh di jumlahkankembali dan kemudian dirata - ratakan, dan berdasarkan besarnya peningkatan keterampilan siswa yang diperoleh. maka dengan demikian hipotesis tindakan berbunyi "Jika digunakan metode Pembelajaran Explicit Instruction maka keterampilansiswadalampermainanatletik Lempar Cakram dapat ditingkatkan. E. Simpulan Ketrampilan melempar cakram bagi siswa dapat dibentuk melalui latihan dan peragaan yang teratur. Kata Kunci : Keterampilan Lempar cakram, Melalui metode pembelajaran Explicit Instruction.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011