SKRIPSI

Penulis / NIM
MUZAKIR HILALA / 831411205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Abstrak
ABSTRAK Muzakir Hilala / 831 411 205 Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Keterampilan Block Pada Permainan Bola Voli SMK Negeri 1 Limboto. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan block pada permainan bola voli siswa kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Limboto. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad di lakukan dengan cara guru menjelaskan, mempraktekan, dan mengatur siswa kedalam kelompok untuk berkerja sama atau saling membantu mempelajari cara melakukan keterampilan block pada permainan bola voliyang terdiri dari sikap awal, pelaksanaan, sikap akhir dan memberikan tes praktek. Kemudian penghargaan kelompok untuk masing-masing kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan block dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran Tipe Stad pada siswa kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Limboto. Hipotesis tindakan yakni jika digunakan model pembejaran Kooperatif Tipe Stad maka keterampilan block dalam permainan bola voli siswa kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Limboto akan mengalami peningkatan. Indicatorkinerja apabila keterampilan seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian dikelas X pemasaran SMK Negeri 1 Limboto dalam melakukan keterampilan block pada permainan bola voli sudah meningkat minimal 80% maka penelitian ini dinyatakan selesai. Pengambilan data di lakukaan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian data analisisbaik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata keterampilan siswa dalam melakukan block padapermainan bola voliyakni; padaobservasiawal rata-rata keterampilan siswa dalam keterampilan block sebesar 52.78%. setelah diadakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar 17.43 % menjadi 70.21 % dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 81.04 % atau terjadi peningkatan sebesar 10.83 % dengan demikian rata-rata peningkatan dari obserfasi awal sampai pada siklus dua sebesar 28.26 % jadi hipotesis yang berbunyi jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD maka keterampilan block dalam permainan bola voli pada siswa kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat dapat diterima. Jika model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dilakukan dalam penelitian ini maka keteramilan block siswa pada permainan bola voli dapat meningkat. Kata Kunci : Bola Voli, Keterampilan Block, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011