SKRIPSI

Penulis / NIM
ASWAT POU / 831413267
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK ASWAT POU, NIM. 831413267. "Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Menangkap Bola Melambung Dalam Permainan Kasti Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas IV SDN No. 34 Kota Selatan".Skripsi 2014, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Olahraga Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS, Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada permainan kastidi SDN No. 34 Kota Selatan yakni apakahmodel pembelajaran kooperatifdapatmeningkatkangerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kastipadasiswakelasIV SDN No. 34 Kota Selatan? Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu model pembelajaran kooperatif. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkangerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kasti melalui model pembelajaran kooperatif pada siswakelasIV SDN No 34 Kota Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN No. 34 Kota Selatan pada siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan gerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kastipadasiswakelasIV SDN No. 34 Kota Selatan, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif meningkatkan gerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kastipadasiswakelasIV SDN No. 34 Kota Selatan. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil kemampuan siswa dari awal daya serap secara klasikal berada pada 63,57, kemudian dimulai pada siklus I daya serap secara klasikal mencapai 74,53, pada saat dilakukan siklus II daya serap secara klasikal meningkat hingga 87,03. "Jika model pembelajaran kooperatif diterapkan, maka kemampuan gerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kasti pada siswa kelas IV SDN No. 34 Kota Selatan meningkat". Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan gerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kasti, dan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap gerak dasar menangkap bola melambung pada permainan kasti pada siswa kelas IV SDN No. 34 Kota Selatan. Kata Kunci : Menangkap Bola Melambung, Permainan Kasti, Model Pembelajaran Kooperatif.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011