SKRIPSI

Penulis / NIM
ASTEN AHMAD / 831413273
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK AHMAD, ASTEN, Nim. 831413273 (Skripsi 2014) "Meningkatkan Hasil Belajar Melempar Bola Pada Permainan RoundersMelaluiMetode Berpasangan Siswa Kelas V SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan olahraga Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS, Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd. Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada permainan rounders di SDN 4Bulango Timur yakni apakah melalui metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar melempar bola pada permainan rounders siswa kelas V SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango? Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu metode berpasangan. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melempar bola dalam permainan rounders melalui metode berpasangan di kelas V SDN 4Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 4 Bulango Timur pada siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar melempar bolasiswa kelas VSDN 4Bulango Timur, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode berpasangan meningkatkan hasil belajar melempar bola pada permainan rounders siswa kelas VSDN 4Bulango Timur. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 41,06%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 68,93%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 85,09%. "Jika metode berpasangan diterapkan maka hasil belajar melempar bola pada permainan rounders pada siswa kelas V SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan". Maka dapat disimpulkan bahwa metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar melempar bola pada permainan rounders, dan dengan menerapkan metode modeling juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap hasil belajar melempar bola pada permainan rounders pada siswa kelas V SDN 4Bulango Timur. Kata Kunci : Melempar Bola, Permainan Rounders, Metode Berpasangan.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011