SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRI APRILIANTI NUKE / 841411017
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Abstrak
ABSTRAK Asri Aprilianti Nuke. 2015. Efektivitas Musik Klasik Dalam Pembelajaran Terhadap Tingkat Kognitif Anak di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Program Studi Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rini Fahriani Zees, S.Kep.,Ns.,M.Kep dan pembimbing II dr. Sri Andriani Ibrahim, M.Kes Masa golden age atau magic year adalah masa dimana anak cepat belajar menerima berbagai stimulus yang diikuti oleh pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dan pesat pada berbagai aspek termasuk kognitif. Para ahli berpendapat bahwa musik klasik dijadikan untuk pendidikan sebagai media stimulasi otak anak dalam belajar dikarenakan musik ini memiliki keseimbangan antara 4 unsur musik yaitu melodi, harmoni, irama (rhytme), dan warna suara (timbre). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik dalam pembelajaran terhadap tingkat kognitif anak di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Design penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Sampel adalah anak kelas B4 di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo yang berjumlah 18 orang anak ditentukan dengan teknik Total Sampling. Data dikumpul menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian musik klasik efektif dalam meningkatkan tingkat kognitif anak dengan nilai p value 0,009 (
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011