Penulis / NIM
MOH.ZULFIKAR RAMADHAN / 841411058
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ST. RAHMA, M.Kes / 0028038204
Pembimbing 2 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Zulfikar Ramadhan 2017. Analisis Mutu Pelayanan Keperawatan Berdasarkan dimensi mutu pelayanan keperawatan di ruang Bedah G2 Atas RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota GorontaloTahun 2014. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. ST. Rahma M.Kes dan Pembimbing II Rini F. Zees S.Kep, Ns., M.Kep.
Mutu pelayanan keperawatan merupakan keadaan yang dapat menggambarkan tingkat kesempurnaan suatu tampilan dari produk pelayanan keperawatan yang diberikan secara bio-psiko-sosial dan spiritual pada individu yang sakit maupun yang sehat yang dilakukan berdasarkan standar asuhan keperawatan yang telah ditetapkan guna menyesuaikan dengan keingginan pelanggan, tujuan akhirnya adalah terciptanya kepuasan pasien atau masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi mutu pelayanan kpeperawatan diruang Bedah G2 Atas RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang bedah G2 Atas dan bersedia menjadi responden yang berjumlah 30 orang yang diperoleh menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan presentase mutu pelayanan keperawatan Tangible (Bukti Fisik) 76,7%, Reliability (Kehandalan) 53,3%, Responsiveness 76,7%, Assurance 93,3% dan Emphaty 90%.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan keperawatan di ruang Bedah G2 Atas telah dilaksanakan dengan baik. Pada penelitian ini diharapkan pelayanan keperawatan agar selalu dapat memberikan asuhan keperawatan yang baik untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi mutu pelayanan Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Keperawatan, Dimensi Mutu, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty.
Download berkas