SKRIPSI

Penulis / NIM
RATIH SETIAWATI MBADI / 841412048
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. VIVIEN NOVARINA A KASIM, M.KES / 0019058301
Pembimbing 2 / NIDN
VIK SALAMANJA,S.KEP,NS, S.Kep, Ns., M.Kes / 00000
Abstrak
ABSTRAK Ratih Setiawati Mbadi. 2016. Hubungan Hasil Pembelajaran Sentra Dengan Perkembangan Anak di PAUD Al-Ishlah Kota Gorontalo. Skripsi. Prodi Ilmu Keperawatan, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes dan Pembimbing II Vik Salamanja S.Kep, Ns, M.Kes. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk stimulasi yang pada dasarnya adalah upaya-upaya intervensi yaitu menciptakan lingkungan sekitar anak usia dini agar mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Stimulasi dapat diberikan pada anak melalui bermain. Bermain merupakan sarana belajar paling efektif untuk menumbuhkan pola pikir kritis dan kreatif pada anak. Oleh karena itu dikembangkan konsep bermain sambil belajar atau biasa disebut dengan Sentra. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan hasil pembelajaran sentra dengan perkembangan anak di PAUD Al-Ishlah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan populasi adalah anak PAUD Al-Ishlah Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 79 anak dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling. Hasil penelitian didapatkan anak dengan hasil pembelajaran sentra dalam kategori baik yaitu 71 orang (89.9%), dan kategori cukup sebanyak 8 orang (10.1%) dan Perkembangan anak dalam kategori perkembangan sesuai sebanyak 72 orang (91.1%), dan meragukan sebanyak 7 orang (8.9%). Dengan menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai p=0,003 artinya terdapat hubungan antara hasil pembelajaran sentra dengan perkembangan anak di PAUD Al-Ishlah Kota Gorontalo. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara hasil pembelajaran sentra dengan perkembangan anak di PAUD Al-Ishlah Kota Gorontalo. Bagi Peneliti lainnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang hubungan metode drill dengan perkembangan kognitif anak. Kata Kunci : Hasil Pembelajaran Sentra, Perkembangan Anak Daftar Pustaka : 30 (2002-2014)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011