SKRIPSI

Penulis / NIM
NIRMALA SULEMAN / 911409019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Nirmala Suleman, NIM. 911 409 019. 2013. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si, Pembimbing II : Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas (variabel x) adalah minat belajar dengan indikator: a) keinginan untuk berhasil, b) kebutuhan dalam hasil, c) adanya penghargaan dalam belajar. Sedangkan variabel terikat (variabel y) adalah hasil belajar dengan indikator: a) pengetahuan, pengertian, kebiasaan, dan hubungan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara hasil belajar siswa dengan Minat di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tingkat pengaruhnya yaitu sebesar 86%. Dengan demikian maka hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dipengaruhi oleh minat belajarnya. Berdasarkan temuan di atas maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara hasil belajar siswa dengan Minat di kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Terkait temuan tersebut maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: 1) peningkatan hasil belajar siswa perlu dilakukan guru dengan memfasilitasi peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilakukan dengan mengadakan fasilitas pembelajaran yang memadai maupun melakukan perbaikan terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, 2) upaya peningkatan minat belajar siswa perlu dilakukan guru secara terus menerus dengan melalui kegiatan pendampingan dalam belajar. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011