Penulis / NIM
YUDI WAHYUDI UMAHANI / 911409078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Abstrak
ABSTRAK
Yudi Wahyudi Umahani. NIM. 911 409 078. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X ADP 2 SMK Negeri I Limbboto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoy, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Raflin Hinelo S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas X ADP 2 SMK Negeri 1 Limboto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan tentang Materi Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMK Negeri I limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dibagi dalam dua siklus.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Kewirausahaan, maka hasil belajar siswa di kelas X ADP² SMK Negeri 1 Limboto meningkat dapat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 66.6% hasil observasi awal menjadi 67.% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% hasil siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
Download berkas