Penulis / NIM
NUR FITRI HASAN / 911409098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Nur Fitri Hasan. 911 409 098. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples non Examples Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VII A SMP Negeri 5 Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Maha Atma Kadji. M.Si dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII A SMP Negeri 5 Gorontalo, Hasil Belajar Siswa akan meningkat ?
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 27 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Examples non Examples pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII ASMP Negeri 5 Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 40.74% hasil observasi awal menjadi 55.56% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 85.19% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 56.67% siklus I menjadi 86.67 pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 52.17% siklus I menjadi 86.96% hasil siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Examples non Examples
ABSTRACT
Nur Fitri Hasan. 911 409 098. 2013. “Increasing Student’s Learning Achievement through Examples Non-examples Type of Cooperative Learning in the Integrated Social Sciences Subject in class VII A at SMP Negeri 5 Gorontalo”. Skripsi. Majoring Office Administration, Economics Education Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Gorontalo, 2013. It is supervised by Drs. Maha Atma Kadji, M.Si and Radia Hafid, S.Pd., M.Si.
The research examined whether the Examples Non-examples type of Cooperative Learning can increase student’s learning achievement in in the Integrated Social Sciences Subject in class VII A at SMP Negeri 5 Gorontalo.
This study applied an action research. There were 27 participants involved in this research. There were also input, process, and output variables. The process included planning, action, observation, and reflection. The data were collected through teacher and students observation sheets and a student’s learning achievement test. The data then analyzed quantitatively in every ending-learning cycle by using teacher’s and student’s activity observation results and student’s learning achievement.
To sum up, if teachers use Examples Non-examples type of Cooperative Learning can increase student’s learning achievement in class VII A at SMP Negeri 5 Gorontalo, student’s learning achievement will increase and be accepted as it is supported by the data analysis results: students who achieved score 75 increased from 40.74% to 55,56% in cycle 1 and increased again to 85,19% in cycle 2, 2) a good and a best teacher’s observation results increased till 56,67% in cycle 1 and 86,67% in cycle 2, and 3) a good and a best student’s observation results increased till 52,17% in cycle 1 and 86,96% in cycle 2.
Keywords: Student’s Learning Achievement and Examples Non-examples Type of Cooperative Learning.
Download berkas