Penulis / NIM
NURDIAN / 911409120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan
Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Di Kelas X AK1 SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Subjek
yang dikenakan tindakan adalah siswa Kelas X AK1 SMK Negeri 1 Batudaa
Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. selama proses pembelajaran guru
terlebih dahulu menerangkan materi sesuai dengan kurikulum yang dijalankan
setelah itu siswa dibagikan kelompok dan diberikan LKS untuk menguji sejauh
mana pengatahuan atau ingatan siswa terhadap materi yang telah diajarkan tersebut.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akuntansi, yakni pada siklus I menunjukan nilai rata-rata kelas
mencapai 68.18% dan ketuntasan klasikal sebesar 57.58%. Pada Siklus II nilai ratarata
kelas meningkat menjadi 80% dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85%.
Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “jika guru dalam melaksanakan
pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif Two Stay
two Stray (TSTS) maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X AK1
pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo
dapat di terima”.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray
(TSTS).
Download berkas