SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHAYATI KATJO / 911409159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Nurhayati Katjo. 911409159 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI AK2 Smk Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.Si. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) ) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI AK2 Smk Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo akan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 32 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi belajar. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Akuntansi Di Kelas XI AK2 Smk Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa dapat meningkat. dapat diterima karena didukung dengan hasil tindakan dan analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 37,50% hasil observasi awal menjadi 56,25% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 87,50% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 52,94% siklus I menjadi 88,24% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 57,14% siklus I menjadi 85,72% hasil siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa , Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011