Penulis / NIM
FENTI LAMATENGGO / 911409182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
iv
ABSTRAK
Fenti Lamatenggo. 9114 09 182. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Penggunaa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game
Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII-A SMP
Muhammadiyah 2 Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Ha. Salma Bowtha,S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula,S.Pd.,M.Pd.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 2 Gorontalo.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-A SMP muhammadiyah 2 gorontalo pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT). Latar belakang masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.
Berdasrkan observasi awal dari jumlah siswa 22 orang hanya terdapat 9 siswa atau sekitar 40.90 % yang memperoleh nilai 70 keatas sedangkan 13 orang atau sekitar59.09% memiliki nilai rata-rata di bawah70. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta
data hasil belajar siswa. Analisis data hasil tes pembelajaran siklus I menunjukkan dari 10 dari 22 siswa atau 54.54% dinyatakan tuntas belajar, dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa(86.36%) yang dinyatakan tuntas belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang
berbunyi: jika digunkan model pembelajran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS maka hasil belajar siswa dikelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Gorontalo akan meningkat, diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan model pembelajaran tipe Team Game
Tournament
Download berkas